Menu Diet Sehat Sehari Penuh untuk Pemula

Mitra Kesmas yang berbahagia dan sehat selalu, kali ini kami akan membagikan informasi tentang Menu Diet Sehat Sehari Penuh untuk anda yang baru merencanakan diet agar tetap sehat dan memiliki tubuh ideal sehingga dapat berpenampilan sebih menarik tanpa terbebani perasaan minder karena berat atau volume badan yang terlalu besar atau terlalu kurus.

Banyak orang yang ingin atau mendambakan tubuh ideal dan ingin malakukan diet yang sehat namun masih belum tahu harus memulai dari mana dan bagaimana melakukannya.

Oleh karena itu, melalui kesempatan ini kami mencoba membagikan informasi kepada Mitra Kesmas sebuah informasi yang dapat membantu dalam menentukan tindakan yang harus dilakukan berupa menetapkan menu dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun menu diet sehat sehari penuh ini kami bagi dalam tiga bagian yaitu Menu Makan Pagi (Sarapan), Menu Makan Siang, dan Menu Makan Malam. Berikut ini penjelasannya:

Menu Diet Sehat
Menu Diet Sehat

Menu Makan Pagi (Sarapan)


Jika biasanya menu sarapan anda adalah nasi maka sebaiknya ganti dengan oatmeal atau roti. Tambahkan susu atau yogurt sebagai pelengkap sarapan.

Porsi oatmeal sekitar 2 sampai 3 sendok setiap pagi. Selain oatmeal, kalian bisa mengganti sarapan dengan roti gandum yang ditambahkan dengan selai buah atau kacang. Jangan sekali-kali menambahkan mentega atau selai cokelat.

Biasanya, dengan menu tersebut diatas sudah membuat perut kenyang dan cukup untuk aktifitas hingga siang hari. Bila masih merasa kurang, boleh makan 3 roti gandum jangan, tidak bloeh lebih dari itu, kalau lebih maka percuma saja harapan untuk mendapatkan tubuh ideal.

Catatan: 
Jika menu pagi hari berupa nasi, sebaiknya makan sebelum jam 6 dan untuk menu siang hari tidak lagi menggunakan menu nasi. Baca tulisan kami sebelumnya tentang "9 Cara Diet Sehat untuk Mendapatkan Tubuh Ideal".

Menu Makan Siang


Untuk menu makan siang anda sedikit bebas memilih menu makanan sebagaimana menu pada kebanyakan orang, namun porsi lebih sedikit.

Sebaiknya menu menggunakan nasi merah, karena merah ini memberikan rasa kenyang yang lebih daripada makan nasi putih, selain itu kandungan gizi dan seratnya lebih tinggi. Kalau tidak ada nasi merah, silakan gunakan nasi putih.

Kurangi porsi nasi hingga setengahnya atau lebih bagus lagi bila lebih sedikit dari setengahnya. Perbanyak sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Sebagai lauk untuk makan siang, gunakan telur atau daging ayam dan sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, brokoli atau sayuran lainnya.

Konsumsi pula lauk yang bersumber dari kacang-kacangan seperti tempe atau tahu agar tubuh mendapatkan nutrisi dari kacang-kacangan.

Sup juga dapat dijadikan tambahan menu yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh hingga malam hari.

Catatan:
Jika menu pagi hari berupa nasi lengkap dengan lauknya, maka menu siang hari tidak boleh lagi menggunakan menu ini melainkan menggunakan menu yang lebih sedikit atau lebih banyak sayur dan buah.

Menu Makan Malam


Pada menu makan malam hanya dengan mengkonsumsi "buah-buahan saja", tidak boleh ada susu, cokelat maupun yoghurt. Buah yang paling disarankan adalah buah yang tidak mengandung lemak tinggi seperti alpukat dan durian. Dengan buah yang tinggi lemak maka akan menggagalkan diet anda.

Beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk misalnyabuah pisang, pepaya, semangka, melon, dan apel. Kelima buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan memiliki kandungan air yang cukup untuk tubuh.

Catatan:
Selama melakukan program diet, perhatikan pula kecukupan kebutuhan konsumsi air, yaitu minimal 8 gelas per hari agar tubuh tetap sehat.

Itulah menu diet sehat sehari penuh untuk pemula mulai dari makan pagi, makan siang dan makan malam. Upayakan hindari ngemil dan makan cemilan diluar jam makan, apalagi cemilan yang banyak mengandung gula. Jika merasa lapar sebelum jam makan, sebaiknya makan buah-buahan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menu Diet Sehat Sehari Penuh untuk Pemula"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel