Kepanjangan, Pengertian UKP dan UKM adalah...?

Kepanjangan UKP adalah Upaya Kesehatan Perseorangan, sedangkan kepanjangan UKM adalah Upaya Kesehatan Masyarakat. Hal ini sesuai dengan yang dicantumkan dalam Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Jadi,...

UKP adalah singkatan dari Upaya Kesehatan Perseorangan.

Sedangkan,

UKM adalah singkatan dari Upaya Kesehatan Masyarakat.

UKM dan UKP
UKM dan UKP

Pengertian UKP dan UKM juga disebutkan disana dalam pasal 1, yaitu sebagai berikut:

Upaya Kesehatan Perseorangan yang selanjutnya disingkat UKP adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan.

Upaya Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disingkat UKM adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat.

Dalam melaksanakan tugasnya, Puskesmas memiliki fungsi utama yaitu:

  1. menyelenggarakan UKM tingkat pertama di wilayah kerjanya; yang mana dalam penyelenggaraannya meliputi UKM esensial dan UKM pengembangan.
  2. menyelenggarakan UKP tingkat pertama di wilayah kerjanya.

Dari kedua pengertian tersebut di atas terlihat jelas perbedaan UKP dan UKM Puskesmas.

Masing-masing upaya kesehatan tersebut memiliki kewenangan masing-masing. Adapun kewenangan dimaksud dapat Anda baca pada Wewenang UKM dan UKP Puskesmas sesuai Permenkes 43 Tahun 2019.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال